Senin, 16 April 2012

Materi Membuat Proposal Penawaran Seri 2


Tujuan program keahlian Multimedia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
a. software dan periferal digital illustration, digital imaging, dan Web design.
b. mengoperasikan software dan periferal multimedia, presentation,2D animation, dan 3D animation
c. mengoperasikan software dan periferal digital audio, digital video, dan visual effects

Pengertian proposal memiliki 2 persepsi yaitu:
1.Proposal adalah suatu dokumen tertulis yang disusun dengan tujuan memberikan gambaran umum atau
   penjelasan singkat tentang suatu kegiatan yang diusulkan penyelenggaraannya oleh suatu unit organisasi
   kepada unit organisasi yang lebih tinggi dan atau setar
2.Pengertian Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan
   standar.
   Untuk memudahkan pengertian proposal yang dimaksud dalam tulisan ini, kita dapat membandingkannya
   dengan istilah “Proposal Penelitian” dalam dunia ilmiah (pendidikan) yang disusun oleh seorang peneliti
   atau mahasiswa yang akan membuat penelitian (skripsi, tesis, disertasi). Dalam dunia ilmiah, proposal
   adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti
   tentang suatu bahan penelitian.

Bentuk “Proposal Penelitian” ini, biasanya memiliki suatu bentuk , dengan berbagai standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan dll. Proposal yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah “Proposal Umum” yang sering digunakan sebagai usulan atau rancangan kegiatan. Bentuk proposal ini memiliki banyak kemiripan dengan model “Proposal Penelitian” yang digunakan dalam dunia ilmiah, namun karena sifatnya yang lebih umum maka “Proposal Umum” biasanya lebih lentur .

Tujuan Proposal :
1.Sebagai pedoman dalam menjalankan usaha,bisnis maupun kegiatan sehingga arah dan tujuan yang
   diinginkan mempunyai jalur yang jelas dan pasti.
2.Sebagai alat untuk meyakinkan investor.
3.Untuk mencari dan mendapatkan dukungan dana.
4.Meyakinkan pendonor.
5.Memudahkan pelaksanaan kegiatan sebagai acuan/landasan operasional kegiatan.
6.Reference of term.

Sebenarnya konsep utama dari proposal/surat penawaran adalah sebagai berikut :
1.Memperkenalkan diri tentang perusahaan Kita & bidang usahanya secara singkat.
2. Memperkenalkan Program, Produk-produk atau Bidang Jasa yang dihasilkan perusahaan kita.
3.Memberikan Program Spesial, harga yang kompetitif, diskon khusus atau penawaran paket istimewa. 4.Nama orang yang bisa dihubungi beserta no. telpon & alamatnya bila ada yang ingin mengetahui produk
   kita lebih dalam (contact person).

Proposal tersusun secara:
1.Sistematis (mengikuti susunan/urutan tertentu yang bersifat logis);
2.Komprehensif (mencakup keseluruhan informasi yang perlu diketahui, yaitu meliputi 5W+1H (What,
   Why, When, Where, Who, How);
3.Integrated (terpadu, saling terkait antar satu bagian dengan yang lain);
4.Lugas (to the point);
5.Ringkas (maksimal 10 halaman kuarto 1,5 spasi dengan margin 4-3-4-3).

Sistematika Proposal
- Halaman Depan Proposal Kegiatan
- Halaman Pengesahan Proposal Kegiatan
- Dasar Pemikiran
- Nama Kegiatan
- Tema Kegiatan
- Bentuk Kegiatan
- Tujuan, Sasaran, dan Target
- Indikator Keberhasilan
- Waktu dan Tempat Pelaksanaan
- Panitia Pelaksana
- Sumber Dana
- Rencana Anggaran Biaya (RAB)
- Penutup
- Lampiran-lampiran.

Penjelasan atas Sistematika Proposal
A. Halaman Sampul
1). Halaman Sampul, contoh lihat di lampiran 2 (PK-2).
2). Warna dasar halaman sampul proposal adalah sebagai berikut:
                a) EKSEKUTIF : DEMA, BEM-F, HIMA, BEM-J, BEM- PS : MERAH
                b) LEGISLATIF : SEMA, SEMF :HIJAU
                c) YUDIKATIF : MKM :PUTIH
                d) PROFESIONAL: UKM DAN BOM-F : HITAM
                e) BIDANG KEMAHASISWAAN : MERAH PUTIH

B. Halaman Pengesahan
     Halaman yang berisi persetujuan dari semua pihak yang menjadi anggota pelaksana kegiatan yang telah
     disahkan bersama.

c. Dasar Pemikiran
   1). Dasar Pemikiran merupakan latar belakang penyelenggaraan kegiatan, yang berisi penjelasan tentang
        alasan penyelenggaraan kegiatan, urgensi dan signifikansi kegiatan, serta relevansinya dengan situasi
        terkini atau isu-isu strategis yang dihadapi oleh organisasi kemahasiswaan.

        Jika ada, dapat ditambah dengan landasan hukum penyelenggaraan kegiatan, seperti perundang-
        undangan, program kerja organisasi, dan lain sebagainya.
   2) Dasar Pemikiran bersifat:
       a)Logis-Rasional, maksudnya masuk akal, dapat diterima oleh nalar sehat, dan mudah dipahami dalam 
          kaitannya dengan kegiatan yang diusulkan.
       b)Lugas, yakni menjelaskan secara to the point, langsung mengena kepada permasalahan.
       c)Ringkas, yaitu tidak bertele-tele. Bermakna, yaitu cukup memadai dalam menjelaskan latar belakang  
          dan alasan penyelenggaraan kegiatan.

Minggu, 15 April 2012

Materi Membuat Proposal Penawaran Seri 1


Pengertian Proposal
Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standard dapat juga dinyatakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang relevan, baik internal maupun eksternal, mengenai usaha atau proyek baru, atau dapat dikatakan bahwa proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang berisi mengenai usaha yang sedang direncanakan.

Faktor – factor  penyusunan proposal usaha :
1.Tujuan yang realistis
2.Fleksibelitas
3.Batasan waktu 
4.Komitmen

Manfaat proposal usaha :

1. Berguna untuk membandingkan antara perkiraan dengan hasil yang nyata.
2. Membantu wirausahawan untuk mengembangkan dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari 
    sudut pandang pihak lain.
3. Menyediakan alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya 
    kepada pihak lain secara menyeluruh
4. Membantu wirausahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya.
5. Persaingan faktor ekonomi dan analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat 
    mendekati asumsi-asumsi secara cermat. 


Faktor yang harus dimiliki oleh wirausahawan atau tim penyusun proposal usaha adalah 
sebagai berikut: 
1. Pengetahuan teknologi, layak kreativitas, inisiatif, dan inovatif.
2. Kemampuan membuat proyeksi keuangan.
3. Kemampuan dalam bidang pemasaran. 
4. Pengalaman dalam bidang usaha yang digelutinya

 
Ada beberapa petunjuk dalam penyusunan proposal usaha : 
1. Menetapkan jenis usaha yang diinginkan. 
2. Menetapkan aspek produk yang akan dibuat. 
3. Menetapkan aspek pemasaran produk. 
4. Menetapkan aspek teknis, penyaluran produk. 
5. Menetapkan aspek organisasi dan   manajemen. Menetapkan aspek yuridis. 
6. Melalsanakan aspek administrasi.
7.Mengetahui aspek sumber keuangan. Mempelajari aspek kebijakan pemerintah   daerah. 
8. Mempelajari aspek AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan).

Petunjuk penyusunan proposal usaha 
1. Halaman Depan
Kembangkan style khusus untuk sampul dan kemasan proposal, termasuk kustom pilih Font, seni sampul dan grafis, illustrasi dan gambar, bagian yang unik dan style paragraph, dan penjilidan yang rapih. Buatlah seluruh kemasan dengan sederhana dan simple, tetapi tampak resmi. Bagian sederhana dari pendekatan tersebut berarti tidak repot dengan banyak font dan style. 
2. Daftar Isi
Para eksekutif yang sibuk ingin mengantisipasi sebuah dokumen dan memahami isinya dalam urutan singkat. Sebuah daftar isi atau indeks merupakan sebuah cara langsung untuk mempresentasikan elemen-elemen proposal anda dalamikhtisar yang dipadatkan. Dalam beberapa situasi anda boleh menyertakan sebuah ringkasan eksekutif (eksekutif summary).
3. Deskripsi analisa kebutuhan
Dalam beberapa proposal sangat berguna untuk mendeskripsikan alas an proyek yang dikemukakan dalam beberapa detail. Deskripsi dan analisis kebutuhan sudah umum yang harus melewati hirearki para eksekutif perusahaan untuk mencari persetujuan dan pendanaan Dalam proposal usaha diungkapkan strategi perusahaan dan tim manajemen pengelola perusahaan
4. Audiens Sasaran
Semua proposal multimedia harus menyertakan sebuah bagian yang menjelaskan audiens sasaran dan platform sasaran. Ketika kapabilitas multimedia pengguna akhir memiliki range yang luas dan tak terbatas , maka penting untuk menjelaskan perangkat lunak dan perangkat keras platform pengiriman yang ingin disajikan. 
5. Strategi Kreatif.
Bagian startegi kreatif sebuah deskripsi mengenai look and feel dari proyek itu sendiri sangat penting bagi proposal anda, khususnya jika para eksekutif melihat proposal, anda tidak menyajikan kreatif session atau tidak berfartisipasi dalam pembahasan pendahuluan. Garis besarna yaitu menjelaskan tentang kualitas, kuantitas, kegunaan, dan keistimewaan barang dan jasa produk yang dihasilkan dengan stategi dan sajian yang menarik. 
6. Impelmentasi proyek 
Sebuah proposal harus bisa menjelaskan bagaimana proyek tersebut akan diorganisasikan dan  dijadwalkan perhitungan biaya akan didasarkan pada penjelasan ini bagian implementasi proyek proposal anda akan memuat kalender detail, dengan perencanaan proyek PERT serta daftar tugas khusus dan tanggal penyelesaian, deliverable dan ja kerja yang disertakan .
 7. Anggaran
Anggaran berhubungan langsung dengan cakupan kerja yang sudah disusun dibagain implemenatasi proyek . Pilihlah biaya terperinci dari deskripsi imoplemenatasi proyek dan gabungkan waktu tugas dari setiap tahap proyek kedalam kegiatan yang berguna bagi klien

Berikut ini contoh draf proposal usaha.
Contoh draft proposal usaha model 1

Bagian 1
Pendahuluan
A.Nama dan alat perusahaan.
B.Nama dan alamat penanggung jawab
C.Informasi usaha.
Bagian 2
Deskripsi aspek – aspek usaha
A.Deskripsi umum usaha.
B.Latar belakang industri.
C.Sejarah dan latar belakang perusahaan.
D.Tujuan dan pembagian waktu.
E.Kenaikan produk atau pelayanan.

Bagian 3
Aspek Pemasaran
A.Penelitian
B.Target pasar atau konsumsi
C.Ukuran dan tren pasar
D.Situasi persaingan
E.Kalkulasi/perkiraan bagian pasar
F.Rencana pemasaran
G.Strategi pasar
H.Masalah penetapan harga
I.Periklanan dan promosi
Bagian 4
Penelitian, Model dan Pengembangan
A.Pengembangan dan rencana desain
B.Hasil-hasil penelitian teknologi
C.Kebutuhan asisten penelitian
D.Struktur biaya
Bagian 5
Aspek Pabrik
A.Analisis lokasi
B.Kebutuhan produksi (fasilitas dan peralatan)
C.Penyuplai/factor transportasi
D.Suplai tenaga kerja
E.Data biaya pabrik 
Bagian 6
Aspek Manajemen
A.Tim manajemen
B.Struktural legal (perjanjian cadangan barang, perjanjian tenaga kerja, kepemilikan)
C.Susunan direktur, penasihat, konsultan, dan lain-lain

Bagian 7
Aspek Manajemen
A.Masalah-masalah yang potensial
B.Resiko dan hambatan
C.Tindakan alternative

Bagian 8
Aspek Finansial
A.Perkiraan Finansial
B.Keuntungan dan kerugian
C.Arus kas
D.Analisis Break even poin
E.Biaya
Bagian 9
Aspek Jadwal Pembagian Waktu
A.Penentuan waktu dan tujuan
B.Batas waktu
C.Hubungan peristiwa-peristiwa
Bagian 10
Apendiks atau Bibliografi
A.Surat-surat
B.Data penelitian pasar
C.Surat-surat kontrak dan dokumen perjanjian lainnya
D.Daftar harga dari pemasok barang
File presentasi dapat diunduh di :




Soal Latihan Mapel Membuat Proposal penawaran seri 1

Soal dapat diunduh di :

Soal Latihan UAS/MID Mapel Membuat Proposal Penawaran

Latihan soal Mata Pelajaran Membuat Proposal Penawaran bisa diunduh di :

Selasa, 10 April 2012

Mengelola Halaman Web

Daftar Alamat Blog Kelas X.A Multimedia Thn. 2012

NoNamaAlamat Blogtgs 1tgs 2tgs 3tgs 4tgs 5
1
Afriyanti
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Belum
2
Anis S.
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
3
Bhakti A.P.
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
4
Edy Dwi W.
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
5
Eva Fatmah
Sudah
Belum
Belum
Sudah
Sudah
6
Fitriatul Ana
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Belum
7
Ina W.
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
8
Indira D.L.
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
9
Irma N.
Sudah
Sudah
Belum
Belum
Sudah
10
Laila M.
Sudah
Sudah
Sudah
Sudah
Sudah
11
Linda A.
Sudah
Sudah
Belum
Belum
Sudah
12
Lulus W.
Sudah
Belum
Belum
Sudah
Sudah
13
Mega A.
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
14
Moch. Helmi R. F.
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
15
Sakhurun
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Belum
16
Sholikah
Sudah
Belum
Belum
Sudah
Sudah
17
Siti Fatimah
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
18
Siti Nur Afidah
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
19
Sofwin N.
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
20
Sri Khusnul Yati
Sudah
Sudah
Sudah
Sudah
Sudah
21
Susi Setiyarti
Sudah
Sudah
Sudah
Sudah
Sudah
22
Syaifudin Zuhri
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Sudah
23
Wiji Anto
Sudah
Belum
Belum
Belum
Belum

Daftar Alamat Blog Kelas X.B Multimedia Thn. 2012
NoNamaAlamat Blogtgs 1tgs 2tgs 3tgs 4tgs 5
1
Aditya K. W
Belum
Sudah
Belum
Sudah
Belum
2
Ahmad S.
Belum
Sudah
Belum
Sudah
Belum
3
Ainul M.
Sudah
Belum
Belum
Belum
Belum
4
Ellis S.
Sudah
Sudah
Belum
Sudah
Belum
5
Inu I.
Sudah
Sudah
Belum
Belum
Belum
6
Kasiyani
Belum
Belum
Belum
Belum
Belum
7
Khafid A.L.
Sudah
Sudah
Sudah
8
Leni S.
Sudah
Sudah
Sudah
9
Lis Y.
Sudah
Sudah
Sudah
Sudah
10
Moh. Syariful F.
Sudah
Sudah
Sudah
11
Nugroho Eko S.
Sudah
Sudah
12
Oktaviyana W.R.
Sudah
Sudah
Sudah
13
Puji L.
Sudah
Sudah
Sudah
14
Ridwan A.
Sudah
Sudah
Sudah
15
Riyani
16
Riyanto
Sudah
Sudah
17
Rukmiatun
Sudah
Sudah
Sudah
18
Septiani
Sudah
Sudah
Sudah
19
Siswanto
20
Sukarni
Sudah
Sudah
Sudah
21
Tri Wulan N.
Sudah
Sudah
Sudah
22
Tutut Dwi F.
Sudah
Sudah
Sudah
23
Vicha Dwi E.